Pep Guardiola Bahkan Bikin Real Madrid Ubah Gaya Bermain Mereka!

Menurut Xavi Hernandez, legenda Barca yang merasakan sendiri kejeniusan Pep, sosok pelatih berkepala plontos tersebut bahkan bisa membuat Real Madrid mengubah gaya bermain. Oleh karenanya, Xavi yakin, kedatangan Pep Guardiola ke Liga Inggris bakal mengubah pula wajah sepakbola di tanah Britania.
Penuturan Xavi tentang Pep Guardiola ini muncul dalam sebuah film dokumenter berjudul Pep oleh Sky Sports Inggris. Xavi menjadi salah satu tokoh yang diminta memberi testimoni tentang sang pelatih yang sudah resmi menangani Manchester City. Tentang Pep, Xavi bercerita, Di tahun pertama (bersama tim utama Barcelona), Pep memulai revolusi sepakbola.
Kami (Barcelona) menciptakan sejarah. Bukan cuma soal kejayaan (meraih enam gelar alias sextuple), tetapi lebih kepada cara kami bermain. Dalam beberapa tahun saja, tidak ada yang bermain dengan bola-bola panjang lagi (tetapi umpan-umpan pendek). Bahkan Madrid (rival Barca) mengubah gaya main mereka (untuk mengadaptasi pola Pep). Pep mengubah dunia sepakbola, bukan cuma Barcelona. Saya pikir, Pep satu-satunya yang bisa mengubah sepakbola Inggris.
Bahkan sebelum menjadi pelatih yang sukss besar seperti saat ini, Pep Guardiola sudah punya pengaruh besar dalam permainan sepakbola. Pep adalah salah satu gelandang terbaik Barca di era 1990-an. Dan Xavi, yang kala itu menjadi junior Pep, mengakui, semua jebolan akademi Barcelona menjadikan Pep sebagai tolok ukur.

Xavi memberi kesaksian, Joan Vila, mentor saya di La Masia berkata, Nak, pelajari segalanya tentang Pep. Sentuhan pertama, bagaimana ia memutar kepala ketika menerima bola (demi mencari rekan setim), ketika ia dalam tekanan, ketika ia punya ruang, perubahan ritme geraknya, bagaimana ia menggunakan kedua kaki, dan seterusnya.
Xavi juga menyebutkan, Pep Guardiola bukanlah pelatih yang pilih-pilih pemain. Ditegaskan sang eks gelandang Spanyol, Pep sangat mengapresiasi sosok pekerja keras. Pep tidak meminta pemain untuk ini dan itu, selain menggunakan seluruh kemampuan untuk membantu tim.

uggssfr.com mpo88 Sumber: Sidomi