Kiper Persib tak Akan Potong Rambut

I Made Wirawan yang biasa berpenampilan necis dengan potongan rambut pendek rapi itu memutuskan untuk memanjangkan rambutnya alias menjadi gondrong.
Made tidak akan memangkas rambut setidaknya dalam lima bulan ke depan. Niat I Made Wirawan membiarkan rambutnya tumbuh panjang bukan karena ingin bergaya atau sekadar ikut-ikutan tren. Pemain kelahiran Gianyar, Bali itu ternyata sedang menunggu kelahiran anaknya yang kedua.
Saat ini, istri I Made Wirawan, Rucika Kalra tengah mengandung dan menurut adat Bali, seorang pria dilarang melakukan sejumlah hal selagi menanti kelahiran anak dari kandungan istrinya. Salah satu larangan tersebut adalah memangkas rambut.
“Sudah adat turun-temurun, tidak boleh memotong rambut, tidak boleh membunuh binatang, tidak boleh memancing ikan, selama anak sedang di kandungan. Dulu ketika istri hamil anak pertama, semua larangan itu juga saya patuhi,” kata penjaga gawang yang turut mengantarkan Persib jadi juara Liga Super Indonesia 2014 itu.
Pada musim 2012 lalu, Made juga memang sempat berpenampilan gondrong nyaris setahun. Namun, dia kemudian memangkas pendek kembali rambutnya setelah putra pertamanya, Putu Ranwir Abhinava lahir dengan selamat.
Made percaya, larangan dalam adat istiadat yang diwariskan secara turun-temurun itu bertujuan baik. Oleh karena itu, pemain yang pernah membela Persiba Balikpapan itu pun tak pernah menanyakan tujuan dari larangan-larang tersebut apalagi mencoba tidak mematuhinya.
“Kita ikuti saja ajaran adat dari orang tua, tujuannya juga pasti demi kebaikan. Saya tidak pernah bertanya, apalagi coba-coba melanggar, tidak berani,” ujar I Made Wirawan.***

uggssfr.com klik365 Sumber: Pikiran Rakyat