Juventus Resmi Juara Liga Italia Setelah Roma Bekuk Napoli

Berkat hasil tersebut, dan didahului kemenangan Juve atas Fiorentina, maka tim asuhan Massimiliano Allegri itu unggul 12 poin dengan sisa tiga pertandingan. Lebih mengesankan lagi karena gelar scudetto kali ini membuat Juve meraih catatan sejarah tersendiri di persepakbolaan Italia.
Ini memang merupakan gelar kelima beruntun yang diraih oleh Juve. Merupakan catatan yang bagus mengingat mereka menjadi tim pertama yang dua kali meraih lima gelar beruntun di Serie-A Italia. Pertama kalinya Juve meraih lima trofi beruntun adalah ketika di era 1930-an lalu dimana antara tahun 1930-1935 Juve begitu mendominasi liga.
Sementara untuk lima gelar beruntun yang kedua kalinya ini, Juve juga bisa dibilang sangat merajai persaingan. Terutama di tiga gelar pertama ketika mereka masih dilatih oleh sosok Antonio Conte sementara dua gelar berikutnya terjadi ketika Allegri mengambil alih jabatan Conte yang memutuskan melatih Timnas Italia.

Khusus untuk musim ini, Juve memang patut mendapatkan pujian tersendiri. Perjuangan mereka bisa dibilang berat dibanding empat musim sebelumnya. Di enam pekan pertama, mereka hanya bisa menang sekali saja dan di dua pekan pertama mereka sempat kalah dari Udinese dan Roma. Bahkan kekalahan dari Sassuolo pada akhir Oktober lalu sempat membuat Juve terpental hingga urutan 12!
Namun memang mental juara yang telah terbentuk membuat Juve bisa bangkit. Memiliki pemain senior seperti Gianluigi Buffon, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, maupun Patrice Evra dan Claudio Marchisio membuat para pemain Juve bisa bangkit lagi. Dan setelahnya, Juve mampu memenangi 24 dari 25 pertandingan mereka dimana satu-satunya kegagalan mereka meraih kemenangan adalah ketika ditahan imbang Bologna tanpa gol.
Satu momen krusial Juve terjadi di pekan 25 ketika sebuah gol telat Simone Zaza ke gawang Napoli membuat Juve untuk pertama kalinya bisa memuncaki klasemen Liga Italia. Dan setelah itu, Juve menjadi tak terkejar lagi dan juga didukung dengan inkonsistensi Napoli yang kini malah tertinggal 12 angka dari Juve.

uggssfr.com klik365 Sumber: Sidomi