Hasil Piala Eropa Tadi Malam: Irlandia Utara vs Jerman 0-1, Juara Grup C!

Skor Irlandia Utara vs Jerman ini pun memastikan Der Panzer menjadi juara Grup C dan diikuti dengan Polandia yang disaat yang sama mampu menaklukkan Ukraina. Sedangkan Irlandia Utara hanya bisa mengakhiri fase grup ini di peringkat ketiga.
Dua perubahan dilakukan Low di pertandingan ini dengan memainkan Kimmich dan Gomez sejak menit pertama. Sedangkan Irlandia Utara masih konsisten dengan skema bertahannya dengan menumpuk pemain di belakang dan tengah serta membiarkan Washington bertarung sendirian dengan Boateng dan Hummels. Maka, sudah bisa ditebak bahwa Jerman sangat mendominasi pertandingan namun sulit dalam menembus pertahanan McAuley dkk.

Menit 13, Jerman mendapatkan peluang pertamanya ketika McGovern menggagalkan peluang dari Gotze dan bola rebound pun gagal diteruskan Kimmich menjadi gol. Irlandia Utara bukannya tanpa peluang karena sempat ada serangan balik cepat yang mereka lakukan via Ward namun tendangannya dengan mudah diamankan oleh Neuer. Tak lama kemudian, Jerman nyaris membuka skor saat dua kali Muller membuang peluang di depan gawang McGovern.
Gol bagi Jerman akhirnya lahir di menit 29. Serangan yang tertata rapi dari Jerman yang diikuti dengan pergerakan manis dari Muller berbuah manis ketika ia mampu berkelit dari terjangan bek Irlandia Utara dan McGovern sebelum memberikan bola pada Mario Gomez. Dengan tenang, ia menyepak bola dan berbuah gol meski ada sedikit faktor keberuntungan bermain di dalamnya karena bola sempat membentur kaki McAuley sebelum berbuah gol.

Enam menit kemudian Jerman mendapatkan peluang bagus lagi. Sisi kanan pertahanan Irlandia Utara mampu ditembus para pemain Jerman namun eksekusi akhir yang dilakukan Muller masih membentur mistar gawang. Jelang babak pertama berakhir, Gomez membuang satu peluang bagus lagi saat sepakannya masih mengarah tepat ke McGovern.
Jerman masih menguasai jalannya babak kedua dan peluang pertama mereka dapat di menit 53 melalui Gotze. Peluang itu ternyata juga menjadi aksi terakhir Gotze karena kemudian ia digantikan oleh Schurrle. Sedangkan Irlandia Utara juga berusaha untuk menyegarkan lini depan mereka dengan memasukkan Lafferty. Sebuah pilihan yang tidak terlalu bagus rasanya dari ONeill karena mereka tidak menambah jumlah striker disaat membutuhkan gol untuk menyamakan kedudukan.

Hal tersebut memang masih membuat Jerman sangat dominan di pertandingan ini. Gomez yang dipercaya bermain penuh melewatkan lagi satu kans bagus ketika ada tendangan dari Khedira yang ditepis McGovern namun eksekusi rebound dari Gomez masih mengecewakan. Melihat timnya sudah cukup aman, Joachim Low mencoba melakukan rotasi dengan menarik Khedira dan Boateng yang juga untuk menghindarkan keduanya dari kartu kuning kedua di turnamen ini.
Hingga akhir laga, Jerman masih sangat menguasai jalannya pertandingan. Irlandia Utara hanya bisa berusaha sedemikian rupa untuk mencoba menerobos pertahanan Jerman. Tak ada tambahan gol lagi yang tercipta dan Jerman lolos sebagai juara grup sedangkan Irlandia Utara masih harus menanti nasib untuk melihat apakah bisa lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik atau tidak. Satu yang pasti, catatan Irlandia Utara saat ini sudah lebih bagus dibanding Albania dari peringkat ketiga Grup A.

Data Pertandingan:
Irlandia Utara 0-1 Jerman (Gomez 29)
Irlandia Utara
Jerman
No.
Starting Eleven
YC
RC
No.
Starting Eleven
YC
RC
1.
Michael McGovern

1.
Manuel Neuer

18.
Aaron Hughes

21.
Joshua Kimmich

4.
Gareth McAuley

17.
Jerome Boateng (76)

20.
Craig Cathcart

5.
Mats Hummels

5.
Jonny Evans

3.
Jonas Hector

19.
Jamie Ward (70)

18.
Toni Kroos

14.
Stuart Dallas

6.
Sami Khedira (69)

13.
Corry Evans (84)

8.
Mesut Ozil

16.
Oliver Norwood

13.
Thomas Muller

8.
Steven Davis

19.
Mario Gotze (55)

11.
Conor Washington (59)

23.
Mario Gomez

Substitutes
Substitutes
12.
Roy Carroll

12.
Bernd Leno

23.
Alan Mannus

22.
Marc-Andre ter Stegen

2.
Conor McLaughlin

2.
Shkodran Mustafi

3.
Shane Ferguson

4.
Benedikt Howedes (76)

6.
Chris Baird

7.
Bastian Schweinsteiger (69)

7.
Niall McGinn (84)

9.
Andre Schurrle (55)

9.
Will Grigg

10.
Lukas Podolski

10.
Kyle Lafferty (59)

11.
Julian Draxler

15.
Luke McCullough

14.
Emre Can

17.
Patrick McNair

15.
Julian Weigl

21.
Josh Magennis (70)

16.
Jonathan Tah

22.
Lee Hodson

20.
Leroy Sane

Coach
Coach
Michael ONeill
Joachim Low
Referee
Venue
Clement Turpin
Parc des Princes

uggssfr.com klik365 Sumber: Sidomi