Buffon Tatap Laga Ke-1.000 Jelang Laga Italia Vs Albania

CO.ID,TURIN — Kiper tim nasional Italia Gianluigi Buffon akan menciptakan penampilan yang ke-1.000 dari karir profesionalnya andai ia diturunkan pelatih Giampiero Ventura melawan Albania. Kedua tim akan berhadapan dalam laga Grup G zona EropaKualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Renzo Barbera, Palermo, Sabtu (25/3) dini hari WIB.
Laga itu akan menjadi yang ke-168 bersama timnas Italia, membuatnya menjadi pemain Eropa dengan penampilan terbanyak bersama tim nasional, di atas kiper Spanyol Iker Casillas dan pemain Latvia Vitalijs Astafjevs.
Buffon memerlukan 17 penampilan lagi untuk memecahkan rekor dunia sebanyak 184 penampilan yang dipegang oleh mantan gelandang timnas Mesir Ahmed Hassan.
“1000 pertandingan? Ini kebahagiaan yang luar biasa,” kata Buffon, dilansir Reuters, Jumat (24/3).
Kiper Juventus itu telah kebobolan 799 gol dalam 999 pertandingan untuk klub dan timnas sejauh ini. Buffon membuat debut profesionalnya untuk Parma pada 1995 dalam usia 17 tahun. Debut internasionalnya bersama Azzurri terjadi dua tahun berselang. Dia telah memainkan 612 pertandingan untuk Juve, sejak membela klub asal Turin pada 2001.
Pemenang Piala Dunia 2006 ini sebelumnya mengatakan, bahwa ia berencana untuk pensiun setelah turnamen tahun depan di Rusia. Namun saat ditanya soal pensiun tersebut, Buffon belum memastikan hal itu dan ia hanya berpikir tentang laga di depan matanya.
“Untuk selanjutnya kita akan lihat, dalam kehidupan memiliki tujuan. Sangat penting untuk menang, ketika Anda menang besar ada risiko. Kami akan berpikir tentang segala hal dengan tenang, tanpa kepastian apa yang akan terjadi,” lanjutnya.
Sembari berkelakar, pemain berusia 39 tahun mengatakan ia berencana untuk pensiun seperti yang dilakukan oleh ZInedine Zidane untuk Prancis pad final Piala Dunia 2006. Saat itu, Zidane dikartu merah pada laga terakhirnya bersama le Bleus.
“Mungkin, saya akan melakukan seperti Zidane dengan menanduk seseorang di lapangan,” canda Buffon.
Baca juga:Ventura Peringatkan Italia Fokus Hadapi Albania

uggssfr.com klik365 Sumber: Republika.co ID