2 Buronan Polri Ditangkap di Timor-Leste

detik com Unit Investigasi Kriminal dan Polisi Maritim Timor-Leste, Kamis (22/06) sekitar pukul 10.00 waktu Timor-Leste, menangkap dua buronan kepolisian Indonesia yang lari dari penjara di Bali.

Georgios Nikolas warga negara Yunani dan seorang rekannya berkebangsaan India, ditangkap di sekitar area pelabuhan laut Dili, setelah keduanya menumpang sebuah perahu motor dari wilayah Alor, NTT.

“Kedua buronan Polisi Indonesia itu, terlibat dalam masalah pencucian uang dan obat terlarang,” kata Komandan Polisi Timor-Leste, Komisaris Julio da Costa Hornay kepada wartawan, Kamis (22/07) petang di markas besar Kepolisian negara itu.

detik com Ketika ditangkap aparat, kedua buronan itu, menurut Hornay, sama sekali tidak memiliki dokumen seperti passport.

“Kepolisian Indonesia, telah memberikan informasi melalui surat resmi ke kepolisian Timor-Leste untuk menangkap kedua orang tersebut,” katanya.

Untuk menindaklanjuti proses penangkapan kedua buronan itu, pihaknya, kata Hornay, telah menyampaikan laporan kepada Kejaksaan Agung Timor-Leste guna mendapat persetujuan untuk dilakukan investigasi, sesuai dengan UU yang berlaku di Timor-Leste.

Menjawab wartawan soal kemungkinan akan dilakukan ekstradisi ke Indonesia, komandan jenderal kepolisian Timor-Leste itu menjelaskan, hal itu tergantung keputusan pihak Kejaksaan Agung.

“Kami bersama pihak Kejaksaan Agung tengah melakukan investigasi guna mengetahui apa alasan kedua orang tersebut masuk ke wilayah Timor-Leste tanpa dilengkapi dokumen seperti passport,” jelasnya.

Kamis petang, atase Polri di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, telah memastikan bahwa Nikolas dan rekannya, adalah buronan yang melarikan diri dari salah satu Lembaga Pemasyarakatan (LP) di Bali. detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *